Profil

Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Islam Malang (PPS UNISMA) adalah program Strata 2 yang didirikan sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan tenaga-tenaga profesianal dibidang pendidikan Bahasa Indonesia, yang memiliki kualifikasi kompetensi dan performansi IPTEK dan IMTAQ  yang memadai.

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia pada PPS Unisma telah TERAKREDITASI melalui Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 001/BAN-PT/Ak-VI/S2/V/2008, tertanggal 17 Mei 2008.

VISI PROGRAM STUDI

Visi PS MPBI PPS Unisma adalah menjadi program studi magister pendidik-an bahasa Indonesia yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dalam merencanakan, memecahkan, dan mengembangkan pendidikan bahasa Indonesia yang berorientasi pada iptek, seni, dan budaya, untuk kemaslahatan umat yang ber-akhlaqul karimah berlandaskan Islam Ahlussunnah waljama’ah An-Nahdiyah.

MISI PROGRAM STUDI

Sejalan dengan VM Unisma dan PPS Unisma di atas, maka misi PS MPBI PPS Unisma sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan program magister pendidikan bahasa Indonesia yang profesional, akuntabel, dan kompetitif pada tingkat nasional serta internasional untuk mewujudkan sumber daya pendidik dan kependidikan bahasa Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing.
  2. Mengembangkan penelitian bidang keilmuan dan praktik profesional pendidikan bahasa Indonesia untuk menghasilkan karya inovatif yang memiliki keunggulan dan bermanfaat bagi pemecahan permasalahan iptek, seni, dan budaya.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, atau transdisipliner bagi kemaslahatan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan iptek.
  4. Mengembangkan jejaring kemitraan sinergis tridarma perguruan tinggi dengan berbagai pihak dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan bahasa Indonesia, akses pendidikan bahasa Indonesia, akseptabilitas pendidikan bahasa Indonesia, dan pencitraan publik menuju program magister berstandar nasional dan internasional

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

Sesuai dengan VM MPBI PPS Unisma sebagaimana diuraikan di atas, maka tujuan program studi magister pendidikan bahasa Indonesia adalah menghasilkan  sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan bahasa Indonesia yang profesional, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan kualifikasi sebagai berikut.

1. Berkemampuan mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau kajian inovatif pendidikan bahasa Indonesia serta praktik profesionalnya melalui penelitian keilmuan dan kependidikan.

  • Mampu mengembangkan inovasi pengetahuan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dalam kaitannya dengan spektrum bidang ilmu yang lain.
  • Mampu mengkaji dan mengeksplorasi teori maupun konsep pendidikan bahasa Indonesia melalui penelitian hingga menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji, serta menerapkan profesionalnya dalam spektrum kehidupan berbangsa.

2. Berkemampuan memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia  melalui pendekatan multidisipliner ataupun transdisipliner.

  • Mampu memecahkan kompleksitas permasalahan pendidikan bahasa Indonesia melalui pendekatan dialogis multidisipliner.
  • Mampu memecahkan kompleksitas permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia melalui pendekatan sains dan teknologi transdisipliner.

3. Berkemampuan mengelola penelitian dan pengembangan pendidikan bahasa Indonesia yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan baik di tingkat nasional maupun internasional.

  • Mampu mengembangkan penelitian bidang pendidikan bahasa Indonesia secara tematis dan komprehensif.
  • Mampu mengembangkan penelitian pembelajaran bahasa Indonesia yang mengintegrasikan ilmu-ilmu linguistik murni dan terapan.

4. Berkemampuan mengimplementasikan pengembangan kompetensi akademik, pedagogik, sosial, dan kepribadian pendidikan bahasa Indonesia dengan senantiasa berwawasan keislaman, kebangsaan, kecendekiaan, dan kepeloporan dalam perspektif keaswajaan.

  • Mampu menerapkan kompetensi akademik dan pedagogik dalam performansi pendidikan serta pembelajaran bahasa Indonesia di pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.
  • Mampu menerapkan kompetensi sosial dan kepribadian dalam performansi pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.