0 Comments

Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Islam Malang, Dr. Ahmad Tabrani, M.Pd, berbagi dalam segmen Kelas Inspirasi. Segmen acara milik Radio Republik Indonesia (RRI) Kediri ini dilaksanakan pada awal bulan Juni (8/6/2020). Kegiatan tersebut sekaligus dijadikan media untuk memperkenalkan Universitas Islam Malang kepada khalayak yang lebih luas.

Pembina Pangkalan Pramuka Universitas Islam Malang tersebut menceritakan  kehidupan pribadinya, mulai dari awal pendidikannya hingga menempuh Pendidikan Bahasa Indonesia dan Linguistik di Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang, yang kini menjadi Universitas Negeri Malang (UM). Host berharap bahwa perjalanan pendidikan menjadi inspirasi bagi para millenial yang menyimak radio RRI Kediri

Baca pulaDirektur Pasca Sampaikan Esensi Rizki

Ditengah pandemi seperti saat ini, beliau tetap aktif mengajar mahasiswa secara online dengan media komunikasi mainstream, seperti zoom. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk memberikan kemudahan-kemudahan bagi mahasiswa yang belum mendapatkan layanan 4G di daerahnya.

Beberapa pesan untuk millenials disampaikannya dalam bincangnya melalui sambungan telepon bersama Ayu Artha, penyiar RRI. Pertama, agar millennial aware terhadap perkebangan teknologi informasi dan terus mengikuti perkembangan dunia 4.0 dengan inovasi, kreasi, cerdas, dan peka melihat peluang-peluang yang ada. “Tidak perlu menunggu, jemputlah bola”, pungkasnya.

Sayangnya, masih marak millenial yang terjerumus hal-hal yang kurang baik sebagaimana diberitakan di media. Menurut beliau, kurikulum pendidikan perlu diperkuat dengan menekankan pendiidkan karakter dan spiritual. Beliau mengatakan, “Apa artinya cerdas intelektual, kalau tidak dibarengi cerdas spiritual”.

Disebutkan pula dalam situasi yang serba sulit ini sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin dengan berkarya, semisal menulis atau melakukan kegiatan yang disenangi, seperti berkebun. Selain itu, pandemi ini juga meningkatkan intensitas hubungan dengan keluarga dan orang sekitar. Oleh karena itu, Dosen Pendidikan dan Bahasa Indonesia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tersebut juga berpesan untuk berkomunikasi dan sharing dengan orang dewasa agar dapat memperoleh motivasi untuk berkarya.

Baca pula: Dosen Unisma Lakukan FGD Fasilitasi Pesantren Bersama DPRD Kota Batu

Penghujung segemen kelas Inspirasi RRI Kediri ini Dr. Ahmad Tabrani berharap kepada millenials ditengan pandemi,para pemuda tetap menjadi kreatif, tangguh, inovatif, terus berjuang dan berdoa, serta waspada karena kita semua sedang berhadapan dengan lawan yang terlihat

Author

pbindopp@pbindoppsunisma.com