0 Comments

KURIKULUM

MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM MALANG

 

 

          Kurikulum Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di program studi tersebut. Perkuliahan mahasiswa dirancang dengan menggunakan sistem kredit semester. Sistem kredit semester adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester (SKS) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program.

Kurikulum Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Uiversitas Islam Malang memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

 

A.   Landasan PenGEMBANGAN Kurikulum

Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum di dalam pendidikan dan dalam perkembangan peserta didik, maka dalam penyusunan kurikulum tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan landasan yang kokoh dan kuat.

Berikut ini beberapa landasan yang digunakan dalam pengembangan kurikulum Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang, yang terefleksi dalam kerangka dasar kurikulum; visi, misi, dan tujuan program studi; serta rumusan kompetensi, subkompetensi, dan substansi kajian. Dari langkah ini selanjutnya ditentukan nama matakuliah dan bobot sksnya.

1. Kerangka Dasar Kurikulum

Kurikulum Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang dikembangkan berdasarkan kerangka dasar atau acuan pengembangan kurikulum sebagai berikutl

Pertama, kurikulum dikembangkan sejalan dengan SK Mendiknas Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Berdasarkan SK tersebut, Kurikulum ditetapkan oleh penyelenggara perguruan tinggi yang bersangkutan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berdasarkan SK tersebut, Program Magister selanjutnya disebut Program S2 adalah jenjang pendidikan akademik yang mempunyai beban studi antara minimal 36 satuan kredit semester(sks) dan maksimal 50 sks dengan kurikulum 4 semester dan lama program antara 4 sampai 10 semester setelah pendidikan Program S1 atau sederajat.

Kedua, kurikulum dikembangkan berdasarkan SK Mendiknas Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Kurikulum inti merupakan penciri dari kompetensi utama.  Berdasarkan SK tersebut, kompetensi pendukung, dan kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama suatu program studi ditetapkan oleh institusi penyelenggara program studi. Kompetensi Utama yang diharapkan dari para lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Uiversitas Islam Malang meliputi penguasaan paradigma keilmuan Pendidikan Bahasa Indonesia, pembentukan kemampuan meneliti bidang pendidikan Bahasa Indonesia, penguasaan hakikat keilmuan pendidikan bahasa Indonesia, dan penguasaan sarana berpikir yang mengarah pada pemahaman tentang  prosedur keilmuan dalam memproses pengetahuan ilmiah melalui kegiatan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik sebagai landasan moral. Kompetensi pendukung berkaitan dengan kompetensi utama yang telah diterangkan di atas. Kompetensi pendukung mencakup kemampuan untuk mengembangkan lebih luas kerangka konseptual, teori, perangkat analisis dan pendekatan praktis dalam pendidikan Bahasa Indonesia seperti statistik yang bermanfaat dalam penelitian kuantitatif, dan penulisan karya ilmiah yang akan mendukung kemampuan mahasiswa dalam melahirkan ide-ide ilmiah yang berguna dalam menyelesaikan tugas-tugas kemahahasiswaan dan keguruan, serta berguna untuk penulisan tesis sebagai tugas akhir. Kompetensi lain bersifat khusus, kompetensi ini mendukung kompetensi utama khususnya sebagai landasan kepribadian. Melalui kompetensi ini, lulusan diharapkan memiliki ciri khas sebagai alumni Universitas Islam Malang yaitu dimilikinya sikap dan perilaku intelektual muslim yang berkarakter.

Menteri Pendidikan Nasional tidak menetapkan kurikulum inti untuk setiap program studi, dan selanjutnya ditetapkan oleh kalangan perguruan tinggi bersama masyarakat profesi dan pengguna lulusan. Kurikulum inti yang berlaku secara nasional untuk setiap program studi pada program sarjana, program Pascasarjana, dan program diploma yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan/Menteri Pendidikan Nasional masih tetap berlaku sampai dengan ditetapkannya kurikulum inti oleh kalangan perguruan tinggi bersama masyarakat profesi dan pengguna lulusan.

Ketiga, kurikulum dikembangkan berdasarkan Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi yang diterbitkan Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun 2008. Berdasarkan panduan tersebut, proses pembelajaran yang dilakukan di pendidikan tinggi tidak hanya sekedar suatu proses transfer of knowledge, namun benar-benar merupakan suatu proses pembekalan yang berupa method of inquiry seseorang yang berkompeten dalam berkarya di masyarakat.  Dengan demikian secara jelas akan tampak bahwa kurikulum berbasis kompetensi (KBK) mempunyai beberapa harapan keunggulan, yaitu :  ”luaran hasil pendidikan (outcomes) yang diharapkan sesuai dengan societal needs, industrial/business needs, dan professional needs; dengan pengertian bahwa outcomes merupakan kemampuan mengintegrasikan intelectual

Keempat, kurikulum dikembangkan berdasarkan dinamika kebutuhan masyarakat khususnya terhadap lulusan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia saat ini. Hal ini dilakukan dengan melakukan tracer study terhadap lulusan, dan melibatkan segenap stakholder dalam penyusunan kurikulum.

Kelima, kurikulum dikembangkan sejalan dengan perkembangan IPTEK terkini. Perkembangan kurikulum tentu harus disesuaiakan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang begitu pesat agar lulusan yang dihasilkan siap menghadapi globalisasi IPTEK di masa mendatang.

  1. 2.        Prinsip Pengembangan Kurikulum

Kurikulum Program Magistser Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang dikembangkan berdasarkan prinsip sistemis, sistematis, dan berkelanjutan. Pengembangan dilakukan secara sistemis dalam arti pengembangan kurikulum melibatkan, memasukkan, dan menyertakan–komponen komponen yang terkait dengan pencapaian tujuan, sasaran program studi, dan pembentukan kemampuan lulusan. Komponen-komponen itu meliputi dosen pengembang dan pelaksana kurikulum, lembaga pemakai lulusan, mahasiswa, dan alumni.

Pengembangan kurikulum dilakukan secara sistematis berarti bahwa pengembangan kurikulum berdasarkan pada kebermaknaan, keteraturan, dan keberurutan tertentu demi tercapainya tujuan dan sasaran program studi dan pembentukan kemampuan lulusan.

Pengembangan kurikulum dilakukan secara berkelanjutan berarti bahwa kurikulum dikembangkan secara terus-menerus dan berkesinambungan dengan memperhatikan perkembangan baru. Perkembangan baru itu mencakup, antara lain,  perkembangan ilmu bahasa Indonesia, ilmu pendidikan, teknologi pendidikan dan pembelajaran, serta perkembangan kebutuhan stakeholder. Oleh karena itu, secara teratur dan berkala, seiring dengan tuntutan dan tantangan yang ada, dilakukan perubahan kurikulum baik komponen, struktur, maupun isi kurikulum.

Dilihat dari sisi penggunanya, kurikulum yang dipakai bersifat lentur (fleksibel). Kelenturan itu terletak pada adanya keleluasaan mahasiswa untuk memilih mata kuliah tertentu dan kegiatan terten­tu. Untuk itu, dalam kurikulum disediakan beberapa mata kuliah yang dipilih untuk ditempuh oleh mahasiswa sesuai dengan kecen­derungan minat, spesialisasi keahlian, dan kebutuhannya.

Berdasarkan aspek isinya, kurikulum yang dikembangkan atau dipakai juga bersifat akademis, analitis, dan aplikatif. Matakuliah akademis dan analitis memandu mahasiswa menjadi ilmuwan bahasa Indonesia dan mata kuliah aplikatif yang mengarahkan mahasiswa menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Matakuliah yang bersifat akademis dan analitis menuntut mahasiswa memiliki pengetahuan dan wawasan pada bidang ilmu bahasa Indonesia,  sedangkan matakuliah aplikatif menuntut mahasiswa mampu melakukan refleksi pengalaman dan kenyataan. Dengan demikian, kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia akan mampu mem­bentuk ilmuwan bahasa Indonesia yang memiliki wawasan kependidikan yang baik dan—sebaliknya.

  1. 3.       Visi dan Misi Program Studi

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia PPS Unisma adalah membentuk citra dan jati diri sebagai lembaga pendidikan pascasarjana yang visibel dan profesional dalam bidang ilmu pendidikan bahasa Indonesia dalam rangka implementasi wawasan almamater bagi bangsa, negara, dan agama.

Sejalan dengan visi dan misi Unisma dan PPS Unisma yang ditetapkan di atas, maka Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Islam Malang mempunyai misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dan kegiatan pembelajaran  secara professional, dengan menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi peningkatan kapasitas intelektual peserta didik, di mana pengembangan kurikulum, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan bentuk-bentuk kegiatan akademik yang profesional dan berkinerja tinggi.
  2. Mengembangkan Pendidikan Bahasa Indonesia yang sejalan dengan perkembangan teori-teori pembelajaran bahasa yang mutakhir.
  3. Menghasilkan lulusan magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang unggul, beriman dan bersikap ilmiah, menguasai IPTEKS, beretika dan memiliki kapasitas akademik, kreatif, mandiri, berwawasan kedepan serta mampu bersaing dan bekerjasama dengan sejawat dalam bidangnya.

Sejalan dengan tujuan program studi seperti diuraikan di atas, maka substansi pembelajaran diorientasikan pengembangan mahasiswa untuk menjadi tenaga pendidikan Bahasa Indonesia yang profesional dan kompeten dengan kualifikasi sebagai berikut:

  1. Memiliki kemahiran menggunakan Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi baik lisan maupun tulis.
  2. Memiliki kemampuan menerapkan teori-teori tentang linguistik, pembelajaran bahasa, dan sastra Indonesia untuk merancang perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah dan/atau perguruan tinggi.
  3. Memiliki kapasitas akademik dan kemahiran dalam melakukan penelitian yang berkenaan dengan linguistik, pembelajaran bahasa, dan sastra Indonesia.

 

  1. 4.    Tujuan Program Studi

Sesuai dengan visi dan misi sebagaimana diuraikan di atas, maka tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia adalah untuk  menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang profesional, kritis dan kreatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan kualifikasi sebagai berikut:

  1. Menguasai teori-teori Pendidikan Bahasa Indonesia, terutama asas-asas, norma, dan teori serta metode penelitian sehingga memenuhi kualifikasi dan mampu untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan Program Doktor (S3).
  2. Mampu mengembangkan pemikiran dan kajian terhadap berbagai fenomena pendidikan Bahasa Indonesia dalam masyarakat, serta terampil melakukan penelitian dalam spektrum yang lebih luas, dalam arti mampu mengkaitkan kajian Pendidikan Bahasa Indonesia dengan bidang ilmu-ilmu lainnya.
  3. Mampu mengembangkan pendidikan Bahasa Indonesia melalui kegiatan pendidikan dan penelitian, dengan menjalin kerja sama dengan instansi/lembaga pendidikan lain dan pemerintah pusat maupun daerah.

 

  1. 5.    Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Islam Malang diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut.

Berbahasa Indonesia secara baik dan benar, yang secara aktual dapat diterapkan dalam berbagai peristiwa bahasa meliputi (a) komunikasi sehari-hari, (b) kegiatan formal maupun nonformal, (c) secara lisan maupun tulisan, dan (d) dalam spektrum bidang sosial, profesi, maupun ilmu pengetahuan.

Mengelola, mengembangkan, dan memanfaatkan berbagai paradigma, temuan, dan inovasi bidang bahasa (murni maupun terapan), dalam:

(a)  merancang dan mengambangkan kurikulum bahasa Indonesia,

(b) mengembangkan perangkat pembelajaran bahasa Indonesia,

(c)  mengembangkan materi pembelajaran bahasa Indonesia,

(d) merencanakan dan melaksanakan pendidikan bahasa Indonesia,

(e)  mengevaluasi pendidikan bahasa Indonesia pada jenjang pendidikan dasar (SD/SLTP), menengah (SMU/SMK), dan tinggi (PT-S1),

 

B.   STRUKTUR KURIKULUM

Beban stsudi di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Uiversitas Islam Malang 45 SKS. Hal ini mengacu pada Kemendiknas No. 232/U/2000, bahwa program magister sekurang-kurangnya 36 (tiga puluh enam) SKS dan sebanyak-banyaknya 50 (lima puluh) SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat semester) dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester termasuk penyusunan tesis, setelah program sarjana atau yang sederajat.

Adapun struktur kurikulum di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Uiversitas Islam Malang adalah sebagai berikut.

 


STRUKTRUR KURIKULUM

MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM MALANG

 

 

NO KODE NAMA MATAKULIAH SKS
    I     MATA KULIAH LANDASAN KEPRIBADIAN (MLK) = 2 sks

1

MLK5001

Kajian Islam Ahlussunnah Waljama’ah

2

2

MLK5002

Filsafat Ilmu

2

    II    MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK)

          WAJIB= 15 sks

1

MKK 5001

Linguistik Lanjut

3

2

MKK5002

Sastra Indonesia dan Pembelajarannya

3

3

MKK5003

Pemerolehan Bahasa Kedua

3

4

MKK5005

Tesis

6

          PILIHAN= 6 sks

5

MKK5004

Linguistik Terapan*

3

6

MKK5006

Studi Wacana*

3

7

MKK5007

Bahasa Indonesia Lanjut*

3

8

MKK5008

Sastra Anak*

3

9

MKK5009

Semantik**

3

10

MKK5010

Sosiolinguistik Lanjut**

3

11

MKK5011

Problematik Pengembangan Profesi Guru BI**

3

12

MKK5012

Teori Sastra Mutakhir**

3

    III     MATA KULIAH KEMAMPUAN BERKARYA (MKB) = 10 sks

1

MKB5001

Landasan Pendidikan dan Pembelajaran

2

2

MKB5002

Problematik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

2

2

MKB5002

Metodologi Penelitian Kuantitatif

2

3

MKB5003

Metodologi Penelitian Kualitatif

2

    IV    MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB) = 12 sks

1

MPB5001

Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

3

2

MPB5002

Asesmen Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

3

3

MPB5003

Desain Silabus dan Pembelajaran BI

3

4

MPB5004

Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis IT

3

5

MPB5005

Seminar Usulan Penelitian

0

   V   MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB) = 0 sks

1

MBB5001

Penulisan Karya Ilmiah

0

2

MBB5002

Statistik untuk Penelitian Pembelajaran Bahasa

0

   TOTAL JUMLAH SKS = 45 sks

 

Keterangan: *) Mata kuliah pilihan untuk semester II    **) Mata kuliah pilihan untuk semester III

SEBARAN MATA KULIAH

MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM MALANG

 

Smt

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Bobot SKS

(1)

(2)

(3)

(4)

I

MLK5001 Kajian Islam Ahlussunnah Waljama’ah

2

MLK5002 Filsafat Ilmu

2

 

MKK5001 Linguistik Lanjut

3

 

MKB5001 Landasan Pendidikan dan Pembelajaran

2

 

MKB5002 Metodologi Penelitian Kuantitatif

2

 

MPB5004 Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis IT

3

 

MBB5001 Penulisan Karya Ilmiah

0

 

MBB5002 Statistik untuk Penelitian Pembelajaran Bahasa

0

 

II

MKK5003 Pemerolehan Bahasa Kedua

3

 

MKK5004 Linguistik Terapan*

3

 

MKK5006 Studi Wacana*  

MKK5007 Bahasa Indonesia Lanjut*  

MKK5008 Sastra Anak*  

MKB5003 Metodologi Penelitian Kualitatif

2

 

MPB5001 Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

3

 

MPB5002 Asesmen Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

3

 

III

MKK5009 Semantik**

3

 

MKK5010 Sosiolinguistik Lanjut**  

MKK5011 Problematik Pengembangan Profesi Guru BI**  

MKK5012 Teori Sastra Mutakhir**  

MKB5002

Problematik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

2

 

MPB5003

Desain Silabus dan Pembelajaran BI

3

 

MPB5005 Seminar Usulan Penelitian

0

 

IV

MKK5005 Tesis

6

 

Total SKS

45

 

 

Keterangan:

*) Mata kuliah pilihan untuk semester II

**) Mata kuliah pilihan untuk semester III

 

Struktur dan isi kurikulum (deskripsi mata kuliah) yang disajikan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Uiversitas Islam Malang akan dievaluasi secara terus menerus untuk disesuaikan dengan kemajuan keilmuan dan kebutuhan konkret di masyarakat sehingga kurikulum diharapkan memenuhi tuntutan dan kebutuhan stakeholder yang ada.

 

C.   DESKRIPSI MATAKULIAH

 

MKK 510301 Landasan Pendidikan dan Pembelajaran

Matakuliah Landasan Pendidikan dan Pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa mengenai konsep pendidikan, landasan pendidikan, perkembangan pendidikan di Indonesia, masalah-masalah pendidikan dan meningkatkan wawasan mahasiswa mengenai teori belajar dan penerapannya dalam pembelajaran bidang pembelajaran bahasa asing. Pokok bahasan yang dikaji meliputi keberadaan manusia, konsep pendidikan, aliran pokok dakam pendidikan, pendekatan sistem dalam pendidikan, masalah-masalah pendidikan, tinjauan antropologi dan filosofi. Berbagai teori belajar yang dikaji, teori belajar perilaku, responden, operan, belajar social, teori belajar kognitif, belajar penemuan, belajar bermakna, belajar eklektik, teori belajar Piaget dan Vygotsky.

 

MWW 510302 Metodologi Penelitian Kuantitatif

Matakuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, dan menyusun laporan penelitian yang menerapkan pendekatan kuantitatif. Dengan kemampuan tersebut mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan penelitian kuantitatif secara mandiri dengan bantuan minimal dari pembimbing. Bahasan meliputi konsep penelitian, perumusan masalah, penetapan hipotesis dan asumsi penelitian, pemilihan rancangan penelitian, penetapan populasi dan pemilihan sample, pengembangan instrument penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan penulisan laporan penelitian. Kegiatan belajar mengajar berupa perkuliahan dan tugas-tugas mereview laporan penelitian kuantitatif di bidang pembelajaran bahasa Inggris. Mahasiswa juga mendapatkan tugas untuk menyusun rencana (proposal) penelitian yang dikumpulkan pada akhir semester.

 

MWW 510303 Metodologi Penelitian Kualitatif

Matakuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, dan menyusun laporan penelitian yang menerapkan pendekatan kualitatif. Dengan kemampuan tersebut mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan penelitian kualitatif secara mandiri dengan bantuan minimal dari pembimbing. Materi perkuliahan meliputi penetapan fokus penelitian, pemilihan rancangan penelitian, penetapan sumber data, pengembangan instrumen penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian. Kegiatan belajar mengajar berupa perkuliahan dan tugas-tugas mereview laporan penelitian kualitatif di bidang pembelajaran bahasa Inggris, sastra Inggris, atau linguistik bahasa Inggris. Mahasiswa juga mendapatkan tugas untuk menyusun rencana (proposal) penelitian yang dikumpulkan pada akhir semester.

 

MWW 510304 Bahasa Indonesia Lanjut

Matakuliah ini di desain untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia pada keempat keterampilan makro bahasa Indonesia (membaca, menyimak, menulis, dan berbicara). Kegiatan pembelajaran meliputi aktifitas membaca wacana tulis atau menyimak wacana lisan, merangkumnya dan mempresentasikannya.

 

MWW 510305 Lingusitik Lanjut

Matakuliah ini bertujuan memperkenalkan kepada mahasiswa pengetahuan linguistik lanjut, yang meliputi tinjauan singkat terhadap teori linguistik (terutama yang disarikan dari Linguistik Generatif) dan juga penggunaan prinsip-prinsip linguistik dalam pemecahan masalah yang terdapat diberbagai bidang sub-disiplin linguistik. Sub disiplin linguistik ini meliputi linguistik-mikro (yaitu fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik) maupun linguistik-makro (antara lain pragmatic, sosiolinguistik, dan psikolinguistik). Bagian dari linguistik terapan, seperti Analisis Kontrastif dan teori Monitor Krashen, juga akan dibahas secara singkat dan ditunjukkan kaitannya dengan prinsip-prinsip linguistik murni. Mahasiswa akan mempelajari topik-topik bahasan ini melalui perkuliahan dan diskusi kelas. Mahasiswa juga diberi tugas untuk memecahkan berbagai masalah kebahasaan (terutama yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa asing) dan melakukan penelitian kecil serta membuat laporan untuk penelitian tersebut.

 

MWW 510306 Sastra Indonesia dan Pengajarannya

Matakuliah ini dirancang untuk membantu mahasiswa memperdalam pengetahuan tentang sastra Indonesia, mengembangkan kemampuan memahami dan menghayati karya sastra asing, dan mengembangkan sikap kesastraan yang benar. Di samping itu, mata kuliah ini juga diarahkan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pembelajaran sastra yang meliputi tujuan, metode, proses belajar mengajar, dan evaluasinya. Kegiatan perkuliahan berupa tugas-tugas analisis karya sastra puisi, prosa, dan drama dalam bahasa Indonesia, dan ceramah dan pelatihan mengajarkan pemahaman sastra.

 

MWW 510307 Pemerolehan Bahasa Kedua

Matakuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai teori-teori dan isu-isu penelitian dalam bidang Pemerolehan Bahasa Kedua (PBK) atau Pembelajaran Bahasa Asing. Pemahaman mengenai teori dan isu-isu penelitian dalam PBK ini akan memperluas perspektif mereka tentang pembelajaran bahasa asing sehingga akan meningkatkan profesionalisme mereka sebagai guru/dosen bahasa Inggris. Kegiatan perkuliahan berupa ceramah dan diskusi kelas. Untuk itu, mahasiswa diberi tugas untuk mereview topik-topik bahasan dan mempresentasikan.

 

MWW 510308 Pendekatan Pengajaran Bahasa Indonesia

Matakuliah ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengingat dan mengulang kembali pengetahuan dan penguasaan materi tentang berbagai pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, menghubungkannya dengan pengalaman mengajar mereka, serta mengikuti perkembangan baru, meliputi prinsip-prinsip pembelajaran, pembelajaran keterampilan berbahasa dan komponen bahasa, teknik-teknik pembelajaran, pembuatan lesson plan dan penilaian (assessement). Dengan demikian, mahasiswa bisa memvariasi model pembelajaran yang diselenggarakannya sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif. Perkuliahan diselenggarakan dengan mahasiswa melakukan presentasi dan diskusi atas topik-topik yang ditetapkan.

MWW 510309 Evaluasi Pengajaran Bahasa

Matakuliah ini dirancang untuk mengembangkan profesionalisme mahasiswa sebagai guru/dosen bahasa Indonesia yang mampu melaksanakan penilaian (asesmen) pembelajaran secara kritis dengan merancang dan melaksanakan penilaian, serta menginterpretasi hasil penilaian dengan baik. Bahasan matakuliah ini meliputi hubungan pembelajaran dan asesmen, prinsip-prinsip asesmen, jenis-jenis asesmen, pendekatan integratif, pendekatan diskrit, langkah-langkah pengembangan tes, asesmen alternative dalam pembelajaran bahasa, dan penginterpretasian hasil penilaian. Kegiatan kelas lebih banyak berupa diskusi atas topik-topik bahasan yang direncanakan.

 

MWW 510310 Desain Silabus dan Pengembangan Materi

Matakuliah ini bertujuan untuk lebih mengenalkan mahasiswa dengan berbagai jenis rancangan silabus, termasuk prinsip-prinsip rancangannya, kekuatan dan kelemahannya. Mahasiswa juga diharapkan mampu mengembangkan materi ajar berdasarkan rancangan silabus yang dipelajarinya. Jenis-jenis rancangan silabus yang dicakup meliputi Structural Syllabus, Notional/Functional Syllabus, Competency-Based Syllabus, Task-Based Syllabus, Content-Based Syllabus, dan Text-Based Syllabus. Kegiatan belajar-mengajar berupa kuliah, diskusi, dan workshop pengembangan materi ajar.

 

MMP 510311 Linguistik Terapan

Tujuan matakuliah ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis, menghubungkan, dan menerapkan temuan-temuan penelitian ilmu bahasa dalam pembelajaran bahasa. Pokok bahasan dalam matakuliah ini meliputi konsep dan dasar-dasar ilmu bahasa terapan, temuan-temuan kajian linguistik dan penerapannya bagi pembelajaran bahasa pertama, kedua, atau asing, bahasa dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang berhubungan dengan teori dan praktik dalam proses belajar mengajar bahasa pertama, kedua, atau asing.

 

MMP 510312 Analisis Wacana

Matakuliah ini mempelajari bahasa dalam penggunaannya. Mahasiswa diharapkan memahami dengan menganalisis berbagai macam unsur bahasa yang lebih luas dari kalimat baik lisan maupun tulis yang berperan dalam penyampaian amanat bahasa. Pokok bahasan meliputi peran teks dan konteks, representasi wacana, staging, struktur informasi, hakikat referensi, kohesi dan koherensi, dan lain-lain. Di samping perkuliahan bisa, mahasiswa diberi tugas mengumpulkan data wawancara lisan dan menganalisis data serta menguraikan fungsi-fungsi meta-komunikasi yang terdapat pada data.

 

MMP 510313 Pragmatik

Matakuliah ini ditujukan untuk memperkenalkan mahasiswa dengan empat bidang pragmatik, yang meliputi: 1) studi mengenai makna penutur, 2) studi mengenai makna kontekstual, 3) studi mengenai ‘how more gets communicated than is said’, dan 4) studi mengani expression dan reactive distance. Pokok bahasan yang dicakup meliputi deices, reference and inference, presupposition, cooperation and implicature, speech acts and events, politeness, conversation, dan discourse.

 

MMP 510314 Bilingualisme

Matakuliah ini memperkenalkan landasan serta permasalahan dalam penggunaan dua bahasa atau lebih termasuk konteks pemerolehannya. Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan landasan pengetahuan agar mahasiswa memahami serta dapat menganalisis gejala-gejala kebahasaan yang timbul sebagai akibat kontak dua bahasa dan dua budaya. Pokok bahasan yang disajikan meliputi pengertian dwibahasa dan dwibudaya, tipe-tipe kedwibahasaan, alih kode (code switching) dan interferensi, campur kode (code mixing), kesetiaan bahasa, pidjinisasi dan kreolisasi, dan diaglosia.

 

MMP 510315 Semantik

Matakuliah ini dirancang untuk meningkatkan penegtahuan mahasiswa mengenai berbagai pendekatan dalam menganalisis makna baik makna leksikal, kalimat, dan makna komunikasi. Pokok bahasan yang disajikan meliputi lexical semantics, yang mencakup reference theory, image theory, dan component analysis; sentential  semantics, yang mencakup the truth condition theory, deep structure of generative  transformational approach, and predicate calculus; dan communicative semantics, yang mencakup teori tindak tutur (speech acts) dan pendekatan logika komunikasi Grice.

 

MMP 510316 Sosiolinguistik

Matakuliah ini memperkenalkan dasar-dasar sosiolinguistik yang meliputi konsep-konsep bahasa dan masyarakat bahasa, repertoar, latar belakang social seperti kelas ekonomi, umur, jenis kelamin, pendidikan, lingkungan pergaulan yang direfleksikan di dalam berbahasa. Topik-topik yang dibahas adalah: a)  hakikat bahasa menurut aliran structural, transformasi, dan sosiolinguistik, b) jangkauan sosiolinguistik, c) variable-variabel sosiolinguistik, d) acuan deskripsi variasi bahasa, dan e) sumbangan sosiolinguistik terhadap pembelajaran bahasa.

Matakuliah ini disajikan untuk membantu mahasiswa dalam memperbaiki rencana penelitiannya untuk penulisan tesis sebagai tugas akhir. Dalam matakuliah ini mahasiswa diharuskan mempresentasikan rencana penelitiannya yang meliputi alasan pemilihan masalah penelitian, rumusan masalah yang akan diteliti, hipotesis (jika ada), landasan teoritis kepustakaan yang dikaji, rancangan penelitian, populasi dan sample (sumber data), instrument penelitian, prosedur pengumpulan data, dan analisis data. Sedangkan dosen Pembina dan mahasiswa lain berkewajiban untuk memberikan komentar dan saran guna perbaikan rencana penelitian tersebut.

 

TES 510318 Tesis

Matakuliah ini bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan tentang teori dan praktik penelitian ke dalam kerja mandiri berupa penelitian untuk memecahkan masalah penggunaan bahasa, pendidikan bahasa atau pendidikan sastra, serta menuliskan laporannya dalam bentuk sebuah tesis. Dalam pelaksanaannya seorang mahasiswa didampingi oleh dua orang pembimbing yang akan membantu mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan penelitiannya.

 

MTR 510319 Statistik Untuk Penelitian Pengajaran Bahasa

Matakuliah ini untuk membekali mahasiswa dengan konsep-konsep statistik dasar dengan harapan mereka bisa melakukan analisis statistik untuk kepentingan penelitiannya. Topik-topik yang dibahas dalam matakuliah ini adalah konsep-konsep dasar statistik yang meliputi statistic deskriptif (distribusi frekuensi, ukuran tendensi sentral, ukuran variabilitas, dan distribusi normal), korelasi (Pearson Product Moment dan Spearman), Multiple correlation, t-tests (independent dan correlated), ANOVA satu jalur, dan ANCOVA.

 

MTR 510320 Pengenalan Komputer

Matakuliah ini dirancang untuk mengenalkan mahasiswa dengan komputer sebagai piranti hasil tekhnologi, khususnya mengenai berbagai kemungkinan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berkaitan dengan keperluan penyelesaian studi mahasiswa, seperti menulis karya akademik dan menganalisis data penelitian dengan bantuan komputer. Diharapkan setiap mahasiswa dapat mengetik naskah dengan program pengolah kata berbasis windows dan memanfaatkan komputer untuk program yang lain, termasuk analisis data.

 

MTR 510321 Penulisan Karya Ilmiah 

Matakuliah ini untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam menulis untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik mulai dari pemilihan topic hingga penulisannya. Pokok bahasan dalam matakuliah ini meliputi bagaimana memilih dan mempersempit topik,  mengumpulkan bahan pustaka dan mengevaluasi sumber pustaka, meringkas isi pustaka, memparafrasa isi pustaka, membuat footnotes, endnotes, dan menuliskan rujukan, serta daftar rujukan.

Author

pbindopp@pbindoppsunisma.com